Translate

Home » » Seputar Economic Order Quantity (EOQ)

Seputar Economic Order Quantity (EOQ)

Written By Ahmad Santosa on Wednesday, January 23, 2013 | 12:19 PM


Economic Order Quantity - yang biasa disingkat EOQ - adalah sejumlah produk yang harus dipesan untuk memenuhi persediaan. Tentunya sejumlah produk yang dipesan ini harus memenuhi suatu nilai yang ekonomis. EOQ harus dapat meminimasi biaya variabel. Yang termasuk dalam biaya variabel dalam kasus ini adalah biaya penyimpanan dan biaya pemesanan.

Dapat kita bayangkan bahwa jika jumlah pemesanan unit produk melebihi jumlah pemesanan yang ekonomis, hal ini akan membuat biaya penyimpanan menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan biaya persediaan dari jumlah pemesanan yang ekonomis. Selain itu, bila jumlah pemesanan unit produk kurang dari jumlah pemesanan yang ekonomis, maka biaya pemesanan akan lebih besar dibandingkan dengan biaya pemesanan dari jumlah pemesanan yang ekonomis. Hal ini disebabkan karena perusahaan harus memesan produk berkali-kali dengan biaya pemesanan yang dilipatgandakan.

Biaya penyimpanan meliputi biaya sewa gudang, biaya listrik, pajak, asuransi, dan lain-lain. Sedangkan biaya pemesanan dapat meliputi biaya antar barang dari tempat pemesanan ke gudang, biaya pemeriksaaan, biaya penanganan material, dan lain-lain. Dalam model EOQ, biaya ini dihitung secara tahunan.

Komponen lain yang termasuk dalam model EOQ adalah titik pemesanan kembali (reorder point). Reorder point adalah suatu titik (sejumlah item tertentu) di mana perusahaan harus memesan kembali. Reorder Point bergantung pada lead time, yaitu waktu yang diperlukan perusahaan untuk memenuhi pemesanan. Jadi, model EOQ juga harus dapat menjawab pertanyaan berapa banyak dan kapan item yang harus dipesan agar tercapai nilai yang ekonomis.

Secara umum model perhitungan (rumus) EOQ adalah sebagai berikut.



Keterangan :
Q* = nilai EOQ (unit)
C = biaya pemesanan per pesanan
R = permintaan per tahun (unit)
h = biaya penyimpanan

Contoh Soal 1:
William manufacturing company purchases 8000 units of a product each year at cost of $10. The order cost is $30 per order, and holding cost per unit per year is $3. What are the economic order quantity?

Penyelesaian :

Untuk menghitung banyaknya pesanan selama setahun adalah sebagai berikut.
Keterangan :
m = banyaknya pesanan selama setahun (pesanan per tahun)

Total biaya untukhu EOQ per tahun:
 
Keterangan :
TC(Q*) = total biaya EOQ per tahun
P = purchase of an item

Reorder Point:
Bila L dinyatakan dalam bulan:
Bila L dinyatakan dalam minggu:

Keterangan :
B =  Reorder Point (unit)

L = Lead Time (month/week)

Contoh Soal 2 :
Pada Contoh Soal 1, berapa total biaya untuk EOQ per tahun, banyak pesanan yang harus dipesan selama setahun, dan reorder point bila lead time-nya adalah dua minggu?

Penyelesaian 2 :
total biaya untuk EOQ per tahun (dalam $):

banyak pesanan yang harus dipesan selama setahun:
reorder point (unit):

Kesimpulan:
Jadi, untuk mencapai nilai yang ekonomis, "William Manufacturing" harus memesan 400 unit produk dengan total biaya pemesanan sebesar $81200. Produk tersebut dipesan sebanyak 20 kali selama setahun. William Manufacturing harus memesan pada saat persediaan di gudang tersisa 308 unit.

Happy learning :)

--- Copyright ICAL 2011 ---
Share this article :

0 comments:

Berlangganan

Advertise

Hosting Gratis
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. FKIP Ekonomi & Akuntansi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger