Translate

Home » , » Resensi Buku Buruh Bergerak Cocok untuk Calon Karyawan

Resensi Buku Buruh Bergerak Cocok untuk Calon Karyawan

Written By Santosa Blogger Cirebon on Wednesday, March 27, 2013 | 11:23 PM



RESENSI BUKU BURUH BERGERAK

Judul Buku : Buruh Bergerak : Membangun Kelas Kesadaran
Penulis : Andito Suwigno
Penerbit : Friedrich Ebert Stiftung
Jumlah Halaman : 192
Jenis Cover : Soft Cover
Kategori : Motivasi kaum buruh

Bab 1 : Kerangka Berpikir
Seorang manusia dapat dikatakan dapat mencapai kemerdekaannya jika dia telah memiliki sebuah ideologi. Melalui ideology seorang manusia dapat memilih suatu pilihan yang dapat membantu jalan hidupnya untuk meraih kesejahteraan melalui beberapa tahapan, dan ideology itulah yang menjadi sebuah langkah awal dalam meraih kemerdekaan dan kesejahteraan.

Bab 2 : Nestapa Buruh
Buruh dianggap sebagai warga kelas dua, konsekuensi tersebut harus ditanggung oleh seorang buruh yang mengalami diskriminasi bukan hanya di tatatan ekonomi dan bisnis, namun juga berimbas pada hukum. Posisi tawar seorang buruh sangat lemah, banyak buruh yang diperlakukan sewenang-wenang oleh beberapa warga kelas atas, atau bahkan institusi negara.

Bab 3 : Buruh Terhegemoni
Kaum buruh sering kali tergemoni oleh beberapa factor, diantaranya karena perbedaan moral, sosial, bahasa, budaya, politik, melalui buku ini Andito Suwigno mencoba untuk menengahkan para kaum buruh yang belakangan terjadi di Indonesia.

Bab 4 : Buruh Borjuis
Adanya golongan kelas buruh yang tidak memperjuangkan kaumnya, mereka adalah kaki tangan kaum kapitalis yang berharap sesuatu kepada para pemegang kendali perusahaan. Bukan menjadi pioneer bagi ideology yang dianutnya, ideology yang memiliki posisi tawar untuk memperjuangkan kesejahteraan kaum buruh.

Bab 5 : Nilai lebih Buruh kepemilikan Pribadi dan Ekonomi Kota
Buruh sebenarnya perlu untuk mendapatkan perhatian lebih dari para usahawan yang mempekerjakan mereka, walau bagaimanapun posisi sebagai buruh tentu tidak lepas dari pengaruhnya dalam operasional perusahaan.

Bab 6 : Kesadaran Buruh
Ada tiga pengaruh di dalam membangun kesadaran buruh agar mereka membangun posisi tawar dengan pemerintah, pengusaha, dan lingkungan masyarakat itu sendiri. Ruang, Ideologi, dan tindakan nyata yang harus dipelajari oleh buruh – agar dapat memahami dimana posisinya dalam berideologi, bersosial, dan berpolitik yang tentunya dapat membawa manfaat bagi dirinya dan kaum buruh pada umumnya.

Bab 7 : “Membunuh” Kelas Buruh
Melalui pendidikan, kemandirian kelas, dan membangun persatuan sesama buruh, kaum buruh dapat melakukan posisi tawar dengan permasalahan yang ada seperti harapan untuk mencapai kesejahteraan umum, dan hak-hak untuk memperoleh waktu istirahat dan bersama keluarga. Ketiga upaya tersebut dapat dioptimalkan dan cukup berpengaruh bagi kaum buruh itu sendiri.

Bab 8 : Unionisme
Belajar dari bung Karno saat upayanya dapat menggapai kemerdekaan. Di dalam buku ini, Andito Suwigno menawarkan beberapa tahapan yang perlu dicapai dan dilakukan oleh seorang buruh. Landasan konstitusional, pengorbanan, mengorganisir diri, dan komitmen dalam meraih tujuan transenden.

Buku tersebut direkomendasikan untuk para pencari kerja dan karyawan umum, yang seringkali bekerja dengan perjanjian kontrak kerja. Perlu dipahami bersama bahwa kerja dengan sistem kontrak tidak menjamin hidup Anda dapat bahagia, padahal Anda telah merencanakan masa depan dengan cukup matang. Lalu bagaimana jika Anda telah memiliki banyak tanggungan?

Melalui buku tersebut, Andito Suwigno menawarkan beberapa hal yang mesti dilakukan sebagai seorang buruh/karyawan. Agar perusahaan dapat menghormati dan menghargai keringat buruh dengan upah yang layak dan membantu mempersiapkan para karyawannya untuk lebih opimal dalam bekerja dan menempuh masa depannya.  



Share this article :

0 comments:

Advertise

Hosting Gratis
SANTIKA PREMIERE JAKARTA - WEEKEND PROMO
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. FKIP Ekonomi & Akuntansi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger